• Kamis, 28 September 2023

Manfaat Rotasi Ban Mobil Bikin Panjang Usia Pakai Ban, Simak Dua Caranya

- Jumat, 28 April 2023 | 11:34 WIB
Merotasi ban mobil punya mafaat memperpanjang usia pakai ban dan memaksimalkan fungsinya. (Otowheel.id/Yudhi P)
Merotasi ban mobil punya mafaat memperpanjang usia pakai ban dan memaksimalkan fungsinya. (Otowheel.id/Yudhi P)

Otowheel.id - Selain perawatan, merotasi keempat ban mobil merupakan langkah yang bijak untuk menjaga keawetannya. Apa dan bagaimana rotasi ban itu?

Sehebat apa pun ban bila tidak pernah dirotasi performanya akan lebih cepat menurun.

Atau paling tidak, ban di kedua poros depan dan belakang tidak berfungsi maksimal.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Rokok Dalam Kabin Mobil

Keausan tidak merata menjadi hal paling logis mendera. Dan bisa ditebak, usia pakai ban semakin pendek.

Rotasi ban itu perlu, terutama bila sudah mencapai 7.500 kilomter sampai 10.000 kilometer. Tujuannya agar tingkat keausannya merata. Namun rotasi ban juga caranya bermacam-macam,” jelas, Hadi, dari bengkel Hadi Motor di Bandung.

Menurut Hadi ada 2 sistem rotasi ban. Pertama rotasi menggunakan keempat roda dan sistem yang dilakukan pada kelima ban termasuk serep.

Baca Juga: Hati-hati! Mengantuk Saat Berkendara, Inilah Cara Mengatasinya

ROTASI 4 BAN

Sistem pertama pun bisa dilakukan dengan cara diagonal atau segaris.

Untuk cara diagonal, yang perlu diperhatikan adalah arah penggantian.

Dalam sistem ini yang perlu dilakukan adalah menukar roda depan kiri dengan belakang kanan, dan ban depan kanan dengan ban belakang kiri.

Baca Juga: Ketahui Rem Motor Berdecit Setelah Hujan, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Selanjutnya penggantian sistem segaris, di mana roda depan kanan ditukar pindah dengan roda depan kiri. Sementara ban belakang kanan dengan ban kiri belakang.

ROTASI 5 BAN

Sementara sistem untuk kelima ban caranya relatif mirip dengan cara diagonal.

Ban serep dipasang di kiri belakang, selanjutnya ban kiri belakang pindah ke kiri depan.

Ban depan kiri dipindah menyilang ke kanan belakang dan kanan belakang pindah ke kanan depan. Dan akhirnya ban depan kananlah yang menjadi ban serep.

Baca Juga: 3 Fitur Dasar untuk Keselamatan yang Tersemat pada Sepeda Motor Honda

Apapun sistem yang Anda aplikasikan, cara ini jelas memperpanjang usia pakai ban dan memaksimalkan fungsinya.***

Editor: Yudhi Prasetiyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Mudah dan Murah Merawat Krom Agar Tetap Kinclong

Kamis, 31 Agustus 2023 | 21:46 WIB

Kiat Merawat CVT Skutermatik, Inilah Penjelasannya

Kamis, 31 Agustus 2023 | 21:07 WIB

Cara Kencangkan Busi Sebagai Upaya Perawatan

Kamis, 27 Juli 2023 | 10:34 WIB

Kiat Menjaga DFSK Super Cab Awet dan Terawat

Jumat, 21 Juli 2023 | 21:10 WIB

Teknik Aman Jika Terjatuh dari Sepeda Motor

Rabu, 19 Juli 2023 | 16:18 WIB
X